SUBSISTEM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Subsistem SIM Berdasarkan Aktifitas Managemennya :

1.Pengendalian Operasional

Pengendalian operasional adalah proses pemantapan agar kegiatan operasional dilaksanakan secara efektif dan efisien. Dukungan pengolahan untuk pengendalian operasional terbagi atas :

a.Pengolahan transaksib.     

 b.Pengolahan laporan.       

c.Pengolahan pertanyaan

2.Pengendalian Manajemen

Informasi pengendalian manajemen diperlukan oleh berbagai manajer bagian,pusat laba,dan sebagainya untuk mengukur prestasi, memutuskan tindakan pengendalian, merumuskan aturan keputusan baru untuk diterapkan personalia operasinal, dan mengalokasikan sumber daya.Proses pengendalian memerlukan jenis informasi berikut:

a.Pelaksanaan yang direncanakan (standar yang diharapkan, yang didengarkan, dan sebagainya)

b.Perbedaan dari pelaksanaan yang direncanakan

c. Alasan untuk perbedaan

d.Analisis atas keputusan atau arah tindakan yang mungkin

3.Perencanan Strategik

Perencanaan strategik mengembangkan strategi sebagai sarana suatu organisasi untuk mencapai tujuan.

Jangka waktu perencanaan strategik cenderung cukup lama, sehingga pergeseran fundamental dalam organisasi bisa diadakan.

Kegiatan perencanaan strategik tidak terjadi menurut siklus yang teratur seperti kegiatan pengendalian manajemen.

Subsistem SIM berdasarkan funsgi organisasi :

Setiap informasi dapat dianggap sebagai kumpulan subsistem yang didasarkan atas fungsi yang dilaksanakan dalam organisasi. subsistem-subsistem yang umum adalahh sebagai fungsi-fungsi utama suatu organisasi dalam pemasaran, produk, logistik, personalia, keuangan dan akuntansi.

  1. Subsistem pemasaran : Fungsi pemasaran biasanya meliputi semua kegiatan yang berkaitan dengan promosi dan penjualan produk atau jasa. Transaksinya merupakan pesanan penjualan, pesanan promosi, dan sebagainya.

2.Subsistem produksi : Tanggung jawab fungsi produksi mencakup teknik produksi , perencanaan fasilitas produksi, penjualan dan pengoperasian fasilitas produksi, penjualan dan pengoperasian fasilitas produksi, penempatan dan pelatihan karyawan produksi, dan inspeksi pengendalian mutu. Transaksi yang harus diolah adalah pesanan produksi, pesanan pengurutan produk dan sebagainya. Pengendalian manajemen memerlukan ikhtisar laporan prestasi kerja.

3.Subsistem logistik : Fungsi logistik meliputi kegiatan seperti pembelian, sediaan, dan distribusi. Transaksi yang harus diolah mencakup permintaan pembelian, pesanan pembelian, pesanan produksi, laporan penerimaan, tanda sediaan, permintaan pengangkutan, dan dokumen pengangkutan.

4.Subsistem personalia : Subsistem personalia meliputi penerimaan,pelatihan, pembayaran, dan pemberhentian pegawai. Transaksi menghasilkan dokumen yang menggambarkan keadaan pegawai. Pengendalian manajemen personalia didukung oleh laporan mengenai situasi dan kondisi kepegawaian

5.Subsistem keuangan dan akuntansi : Keuangan dan akuntansi merupakan fungsi yang agak terpisah tetapi berhubungan satu sama lainnya. Transaksi yang harus diolah meliputi seluk beluk proses keuangan dan perencanaan dalam perusahaan.

6.Pengolahan Informasi : Pemrosesan informasi meliputi permintaan utk pengolahan, permintaan utk perbaikan program, usulan proyek& pengendalian hitungan

7.Pucuk Pimpinan : Manajemen puncak meliputi fungsi direktur yg bertindak dalam kedudukan sebagai pimpinan puncak.

Leave a comment