Aplikasi-Aplikasi Teleconfrence

Aplikasi Zoom yang digunakan untuk telekonferensi/meeting antarmuka di dunia online

Telekonferensi, dalam telekomunikasi, merupakan pertemuan berbasis elektronik secara langsung (live) di antara dua atau lebih partisipan manusia atau mesin yang dihubungkan dengan suatu sistem telekomunikasi yang biasanya berupa saluran telepon. Penggunaan telekonferensi memiliki kelebihan efektivitas biaya dan waktu. Telekonferensi dapat berbentuk konferensi audio atau konferensi video.

 Konferensi audio merupakan salah satu jenis telekonferensi di mana seseorang dapat melakukan percakapan interaktif didalamnya. Dengan audio-konferensi ini, seseorang dapat berbicara dengan lebih dari satu orang melalui speaker.

Dalam konferensi video, para partisipannya dapat saling melihat gambar (video) dan saling mendengar, melalui peralatan kamera, monitor, atau pengeras suara masing masing.

  1. Zoom Meeting
Pakai Aplikasi Zoom Harus Estra Hati-hati, Kenapa?

Zoom adalah aplikasi video conference yang mulai banyak digunakan semenjak wabah virus Corona memaksa para karyawan bekerja dari rumah. Wajar saja, karena memang aplikasi ini terbilang cukup baik karena mampu menyelenggarakan video conference dengan kapasitas hingga 1.000 orang.

Dengan menggunakan Zoom, Anda bukan hanya bisa mengadakan video conference saja, tetapi juga audio conferencelive chat, merekam jalannya meeting, dan webinars. Layanan yang ditawarkan ini memang sangat membantu di tengah anjuran bekerja dari rumah

2. Google Hangouts Meet

Cara Menggunakan Google Hangouts Meet untuk Rapat dari Rumah

Google Hangout Meet memiliki user interface yang baik dan sederhana, sehingga mudah dipahami oleh semua orang. Adanya fitur berkirim pesan melalui chat juga membuat Google Hangouts semakin nyaman untuk video conference.

Jika dalam kondisi tertentu di mana koneksi internet kurang stabil, fitur chat ini akan sangat berguna. Google Hangouts Meet juga memiliki keunggulan lainnya, yaitu adanya enkripsi end-to-end untuk memastikan keamanan komunikasi Anda.

Selain itu, Google Hangouts Meet juga bisa digunakan pada perangkat komputer atau pun smartphone. Fleksibilitas ini memberikan kemudahan untuk berkoordinasi dengan rekan satu tim yang mungkin sedang berada di lapangan dan tak memiliki akses ke komputer.

3. Skype

Skype - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Skype membantu Anda terhubung dengan orang-orang terpenting dalam hidup dan pekerjaan Anda, kapan saja, di mana saja, melalui perangkat selulerPC, atau Alexa. Pesan teks serta panggilan suara dan video Skype yang tak ada duanya memudahkan Anda berbagi pengalaman dan bekerja bersama. Aplikasi ini dirancang untuk percakapan pribadi maupun grup.

Dengan Skype, Anda dapat menyelenggarakan rapat dan menciptakan hal-hal hebat dengan grup kerja Anda, berbagi cerita atau merayakan ulang tahun dengan teman dan keluarga, serta mempelajari keterampilan baru atau hobi dengan guru. Gunakan Skype secara gratis untuk mengirim pesan serta melakukan panggilan audio dan video dengan grup yang terdiri dari 50 orang!

Dengan sedikit biaya tambahan, Anda dapat melakukan lebih banyak hal, dalam lebih banyak cara, dengan lebih banyak orang, seperti menghubungi telepon atau mengirim pesan SMS. Anda dapat membayar sesuai pemakaian atau berlangganan, mana pun yang paling sesuai untuk Anda.

4. Discord

Discord Itu Apa ? - Jurnal SiAutis

Pada dasarnya, Discord memiliki fungsi yang sama seperti Skype. Jadi, bisa dianggap ini adalah Sykpe untuk komunitas gamer. Fitur ini dirancang untuk membantu pemain berkomunikasi dan berkoordinasi melalui server pribadi yang memungkinkan kamu untuk mengirim pesan teks dan obrolan suara dengan orang lain.

Discord memiliki pengguna aktif yang cukup banyak jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis. Pengguna yang menggunakan aplikasi perpesanan khusus game ini hingga Mei 2019 tercatat sudah mencapai 56 juta pengguna setiap bulannya. Pesan yang silih berganti di dalam aplikasi ini juga mempunyai angka yang cukup mencengangkan, yaitu 850 juta pesan dalam sehari. Hal ini tentu menunjukkan bagaimana Discord sangatlah populer di komunitas gamer.

5. Microsoft Teams

Microsoft Office Teams (2018–present).svg

Aplikasi milik Microsoft ini juga menawarkan layanan panggilan video telekonferensi dengan beberapa orang. Jumlah peserta yang bisa ditampung dalam sebuah sesi rapat tidak main-main, hingga 10.000 peserta. Keunggulan lainnya adalah tak perlu lagi menjelajahi folder untuk menemukan file yang akan dikerjakan. Di Teams, Anda dapat mengakses, berbagi, dan mengedit file dokumen Word, PowerPoint, dan Excel secara real-time

Leave a comment